Silinder

Silinder (cast) adalah massa protein berbentuk silindris yang terbentuk di tubulus ginjal dan dibilas masuk ke dalam urine. Silinder terbentuk hanya dalam tubulus distal yang rumit atau saluran pengumpul (nefron distal). Tubulus proksimal dan lengkung Henle bukan lokasi untuk pembentukan silinder. Silinder dibagi-bagi berdasarkan gambaran morfologik dan komposisinya. Faktor-faktor yang mendukung pembentukan silinder adalah laju aliran yang rendah, konsentrasi garam tinggi, volume urine yang rendah, dan pH rendah (asam) yang menyebabkan denaturasi dan precipitasi protein, terutama mukoprotein Tamm-Horsfall. Mukoprotein Tamm-Horsfall adalah matriks protein yang lengket yang terdiri dari glikoprotein yang dihasilkan oleh sel epitel ginjal. Semua benda berupa partikel atau sel yang terdapat dalam tubulus yang abnormal mudah melekat pada matriks protein yang lengket.
Konstituen selular yang umumnya melekat pada silinder adalah eritrosit, leukosit, dan sel epitel tubulus, baik dalam keadaan utuh atau dalam berbagai tahapan disintegrasi. Apabila silinder mengandung sel atau bahan lain yang cukup banyak, silinder tersebut dilaporkan berdasarkan konstituennya. Apabila konstituen selular mengalami disintegrasi menjadi partikel granuler atau debris, biasanya silinder hanya disebut sebagai silinder granular.
1. Silinder hialin
Silinder hialin atau silinder protein terutama terdiri dari mucoprotein (protein Tamm-Horsfall) yang dikeluarkan oleh sel-sel tubulus. Silinder ini homogen (tanpa struktur), tekstur halus, jernih, sisi-sisinya parallel, dan ujung-ujungnya membulat. Sekresi protein Tamm-Horsfall membentuk sebuah silinder hialin di saluran pengumpul.
Silinder hialin tidak selalu menunjukkan penyakit klinis. Silinder hialin dapat dilihat bahkan pada pasien yang sehat. Sedimen urin normal mungkin berisi 0 – 1 silinder hialin per LPL. Jumlah yang lebih besar dapat dikaitkan dengan proteinuria ginjal (misalnya, penyakit glomerular) atau ekstra-ginjal (misalnya, overflow proteinuria seperti dalam myeloma).
Silinder protein dengan panjang, ekor tipis terbentuk di persimpangan lengkung Henle's dan tubulus distal yang rumit disebut silindroid (cylindroids).
2. Silinder Eritrosit
Silinder eritrosit bersifat granuler dan mengandung hemoglobin dari kerusakan eritrosit. Adanya silinder eritrosit disertai hematuria mikroskopik memperkuat diagnosis untuk kelainan glomerulus. Cedera glomerulus yang parah dengan kebocoran eritrosit atau kerusakan tubular yang parah menyebabkan sel-sel eritrosit melekat pada matriks protein (mukoprotein Tamm-Horsfall) dan membentuk silinder eritrosit.
3. Silinder Leukosit
Silinder lekosit atau silinder nanah, terjadi ketika leukosit masuk dalam matriks Silinder. Kehadiran mereka menunjukkan peradangan pada ginjal, karena silinder tersebut tidak akan terbentuk kecuali dalam ginjal. Silinder lekosit paling khas untuk pielonefritis akut, tetapi juga dapat ditemukan pada penyakit glomerulus (glomerulonefritis). Glitter sel (fagositik neutrofil) biasanya akan menyertai silinder lekosit. Penemuan silinder leukosit yang bercampur dengan bakteri mempunyai arti penting untuk pielonefritis, mengingat pielonefritis dapat berjalan tanpa keluhan meskipun telah merusak jaringan ginjal secara progresif.
4. Silinder Granular
Silinder granular adalah silinder selular yang mengalami degenerasi. Disintegrasi sel selama transit melalui sistem saluran kemih menghasilkan perubahan membran sel, fragmentasi inti, dan granulasi sitoplasma. Hasil disintegrasi awalnya granular kasar, kemudian menjadi butiran halus.
5. Silinder Lilin (Waxy Cast)
Silinder lilin adalah silinder tua hasil silinder granular yang mengalami perubahan degeneratif lebih lanjut. Ketika silinder selular tetap berada di nefron untuk beberapa waktu sebelum mereka dikeluarkan ke kandung kemih, sel-sel dapat berubah menjadi silinder granular kasar, kemudian menjadi sebuah silinder granular halus, dan akhirnya, menjadi silinder yang licin seperti lilin (waxy). Silinder lilin umumnya terkait dengan penyakit ginjal berat dan amiloidosis ginjal. Kemunculan mereka menunjukkan keparahan penyakit dan dilasi nefron dan karena itu terlihat pada tahap akhir penyakit ginjal kronis.
Yang disebut telescoped urinary sediment adalah salah satu di mana eritrosit, leukosit, oval fat bodies, dan segala jenis silinder yang ditemukan kurang lebih sama-sama berlimpah. Kondisi yang dapat menyebabkan telescoped urinary sediment adalah: 1) lupus nefritis 2) hipertensi ganas 3) diabetes glomerulosclerosis, dan 4) glomerulonefritis progresif cepat.
Pada tahap akhir penyakit ginjal dari setiap penyebab, sedimen saluran kemih sering menjadi sangat kurang karena nefron yang masih tersisa menghasilkan urin encer.
Bakteri
Bakteri yang umum dalam spesimen urin karena banyaknya mikroba flora normal vagina atau meatus uretra eksternal dan karena kemampuan mereka untuk cepat berkembang biak di urine pada suhu kamar. Bakteri juga dapat disebabkan oleh kontaminan dalam wadah pengumpul, kontaminasi tinja, dalam urine yang dibiarkan lama (basi), atau memang dari infeksi di saluran kemih. Oleh karena itu pengumpulan urine harus dilakukan dengan benar (lihat pengumpulan specimen urine)
Diagnosis bakteriuria dalam kasus yang dicurigai infeksi saluran kemih memerlukan tes biakan kuman (kultur). Hitung koloni juga dapat dilakukan untuk melihat apakah jumlah bakteri yang hadir signifikan. Umumnya, lebih dari 100.000 / ml dari satu organisme mencerminkan bakteriuria signifikan. Beberapa organisme mencerminkan kontaminasi. Namun demikian, keberadaan setiap organisme dalam spesimen kateterisasi atau suprapubik harus dianggap signifikan.

8 Comentários:

Unknown mengatakan...

Oohhh
Kirain silinder yang ada di mata :D

Nice artikelnya
Thanks :)

Lina Tan mengatakan...

Ayo Kakak Semuanya,
Yuk iseng bermain game untuk mendapatkan uang tambahan setiap harinya Hanya di HobiQQ.
Modal Kecil Dapat Puluhan Juta :)
Bareng aku dan teman-temanku yang cantik-cantik loh !
Info Situs HobiQQ :
BBM : DD09567B
WA : +6281262400720
LINE : hobi-qq
Facebook : Lina Tan


Kunjungi Juga :
Agen Bandarq
Agen poker terbaik
Mudah Menang bandarq
Judi Online Terbaik
Artikel Unik dan Menarik
Artikel Terlengkap
Artikel Menarik
Cerita Dewasa Terlengkap
Nonton Bioskop Online
Film Bioskop Terbaru
Streaming Film Gratis 
Download Film Gratis 
Bioskop Online

Blog27999 mengatakan...

Did you realize there's a 12 word sentence you can communicate to your man... that will trigger intense feelings of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?

That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, treasure and protect you with all his heart...

===> 12 Words That Fuel A Man's Love Response

This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to try better than before to build your relationship stronger.

As a matter of fact, fueling this powerful instinct is so binding to getting the best ever relationship with your man that once you send your man a "Secret Signal"...

...You will immediately notice him expose his soul and heart to you in such a way he never expressed before and he'll recognize you as the only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

Blog27999 mengatakan...

Do you realize there's a 12 word sentence you can say to your man... that will trigger intense emotions of love and instinctual attractiveness to you buried inside his heart?

Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, look after and care for you with all his heart...

12 Words That Fuel A Man's Desire Instinct

This impulse is so hardwired into a man's brain that it will make him work better than before to build your relationship stronger.

Matter-of-fact, fueling this powerful impulse is so mandatory to getting the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

...You'll soon notice him expose his soul and mind to you in a way he never experienced before and he will distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly understood him.

Blog27999 mengatakan...

Your Affiliate Profit Machine is ready -

Plus, making money with it is as simple as 1---2---3!

Here is how it works...

STEP 1. Input into the system which affiliate products the system will advertise
STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (it LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products all by itself!

Are you ready to make money ONLINE???

Click here to check it out

Blog27999 mengatakan...

If you're trying to lose weight then you need to start following this brand new custom keto diet.

To design this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and top chefs have joined together to develop keto meal plans that are useful, convenient, money-efficient, and fun.

From their first launch in 2019, hundreds of clients have already transformed their body and health with the benefits a proper keto diet can provide.

Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto diet.

Blog27999 mengatakan...

If you're trying to lose pounds then you absolutely have to try this brand new tailor-made keto plan.

To produce this service, licensed nutritionists, fitness couches, and cooks have joined together to provide keto meal plans that are effective, suitable, money-efficient, and fun.

From their first launch in 2019, thousands of people have already remodeled their figure and well-being with the benefits a smart keto plan can give.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones given by the keto plan.

Blogger mengatakan...

Listen...

What I'm going to tell you might sound really weird, maybe even a little "strange"

BUT what if you could just hit "PLAY" and listen to a short, "musical tone"...

And INSTANTLY attract MORE MONEY into your life???

What I'm talking about is hundreds... even thousands of dollars!!

Sounds way too EASY??? Think it's IMPOSSIBLE???

Well then, I've got news for you...

Many times the most significant miracles life has to offer are also the EASIEST!!

Honestly, I will provide you with PROOF by letting you listen to a real-life "magical money tone" I've produced...

You just push "PLAY" and the money will start coming into your life. starting almost INSTANTLY.

CLICK here to enjoy the marvelous "Miracle Money TONE" - as my gift to you!!

Posting Komentar

free counters PageRank Checker

Pengikut

About the Author

My Photo
Maura Maulina
Hai, saya penulis Aceh Laboratorium!. Saya seorang Mahasiswi dari sebuah perguruan tinggi di Banda Aceh, Indonesia dan juga seorang blogger paruh waktu dan menyukai blogging, desain blog, Artikel Kesehatan, & Laboratorium penuh gairah. Anda bisa melihat saya di FacebookFacebook

  ©Kumpulan Artikel Kesehatan | Berita Unik & Menarik - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Topo